Selasa, 14 Agustus 2018

Cara Jaga Tubuh Tetap Bugar Meski Sering Duduk

Duduk dalam waktu lama dapat membuat tubuh merasa tidak nyaman. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa memicu berbagai penyakit.

Orang yang memiliki kebiasaan duduk dengan posisi tubuh yang sama untuk jangka waktu yang lama rentan terhadap penyakit jantung, stroke, paru-paru, ginjal dan lain-lain. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki risiko mengalami kegemukan dan kadar gula darah yang tinggi.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba langkah-langkah sederhana berikut ini.

1. Meregang

Lakukan peregangan setiap 10 menit sekali. Kegiatan ini dapat meregangkan sendi dan otot-otot tubuh yang kaku, sehingga Anda dapat terhindar dari rasa sakit dan kram karena merasa terlalu lama. Lakukan kegiatan ini 5-6 kali sehari.

2. Luangkan waktu untuk berolahraga saat makan siang

Alih-alih menghabiskan jam makan siang berbicara, lebih baik melakukan latihan pengkondisian fisik. Rutinitas ini dapat membuat tubuh aktif dan menghindari masalah yang berhubungan dengan kesehatan.

3. Berdiri

Berdiri sebentar dapat menyebabkan otot-otot tubuh menjadi aktif dan membakar lebih banyak kalori. Selain itu, aktivitas ini juga dapat mengurangi beberapa risiko masalah kesehatan seperti jantung dan penyakit metabolik.

4. Manfaatkan tangga

Anda tidak hanya menggunakan elevator atau eskalator, Anda juga dapat menggunakan tangga untuk naik dan turun lantai. Menggunakan tangga tidak hanya membuat tubuh sehat, tetapi juga dapat membakar kalori. Tidak hanya itu, aktivitas ini juga dapat meminimalkan risiko obesitas.

5. Lakukan latihan penguatan bahu

Anda juga bisa melakukan latihan penguatan bahu. Caranya, cukup duduk tegak dan kemudian letakkan kaki Anda rata di lantai. Setelah itu, angkat tangan ke sisi kanan kepala dan jaga siku di bagian luar. Dalam posisi ini, tarik napas dan tahan selama 30 detik lalu lepaskan. Latihan ini dapat menguatkan otot bahu Anda.

Anda memiliki banyak crystal x masalah kesehatan karena Anda sering duduk untuk waktu yang lama. Karena itu, mulai sekarang Anda harus menjaga tubuh Anda aktif dan rutin melakukan aktivitas fisik sehingga tubuh tetap sehat dan bugar. Inilah cara LifeHealth melaporkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar